7 Variasi MPASI 6 Bulan Untuk Menunjang Kebutuhan Gizi Buah Hati

0
MPASI 6 Bulan
MPASI 6 Bulan / Hallosehat

Junkalo.com, Bayi yang baru lahir memang hanya boleh diberikan asi saja sebagai sumber makanan pokok mereka, air susu ibu ini kaya akan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil dan mudah diserap oleh tubuh mereka.

Sampai memasuki usia 6 bulan, maka para bunda sudah diperbolehkan untuk memberikan sumber makanan pendukung atau yang dikenal sebagai MPASI 6 bulan. Makanan padat ini dibutuhkan oleh tubuh karena pada dasarnya kebutuhan nutrisi mereka sudah semakin tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Beberapa bagian tubuh mereka juga sudah bekerja secara normal sehingga bisa dalam mencerna sumber makanan tersebut. Jadi sebagai sumber nutrisi lengkap maka banyak diantara yang sudah mulai menunjang menggunakan sumber makanan tambahan.

Hanya saja tak jarang diantara para orang tua yang justru kebingungan dalam memilih jenis yang akan bagi buah hati, bagaimanapun tidak semua jenis menu makanan padat tetap aman dikonsumsi. Masih ada beberapa diantaranya yang belum diperbolehkan untuk masuk kedalam tubuh.

Agar tidak salah dalam memilih, maka berikut ini setidaknya ada beberapa jenis MPASI 6 bulan untuk buah hati yang bisa Kamu jadikan sebagai alternatif menu makanan untuk mereka, diantaranya adalah:

Bubur bayi

Bubur Bayi
Bubur Bayi / tipsanakbayi

Ada banyak sekali produsen yang menawarkan produk bubur praktis siap pakai ini untuk si kecil, sehingga bunda bisa secara mudah membelinya di pasaran, namun pastikan memilih yang benar-benar sehat.

Apalagi untuk produk kemasan ini tidak jarang diantaranya yang mengandung beberapa senyawa kimia kurang baik bagi tubuh, misalnya pemanis, pengawet hingga penyedap rasa. Karena banyak varian rasanya, maka pilihlah yang sesuai dengan selera.

Biskuit susu bayi

Biskuit Susu Bayi
Biskuit Susu Bayi / Bukalapak

Selain bubur, maka ada menu praktis lainnya yang ternyata juga sangat disukai oleh buah hati, diantaranya adalah biskuit susu, menu ini bisa dijadikan sebagai cemilan. Tidak hanya dimakan langsung, melainkan juga bisa dikombinasikan dengan air hangat untuk membuatnya menjadi lebih lumat dalam bentuk bubur.

Pisang

Pisang
Buah Pisang / Vebma

Buah yang satu ini termasuk kategori yang aman dikonsumsi oleh bayi, namun perhatikan juga jenis pisang yang digunakan. Biasanya hanya pisang yang benar-benar matang berwarna kuning, maka bisa dijadikan sebagai selingan mereka untuk ngemil atau makan siang. Takarannya juga harus diperhatikan sehingga tidak menyebabkan si kecil diare.

Pepaya

Pepaya
Buah Pepaya / frutonline

Buah lain yang bisa dipilih adalah pepaya, teksturnya sendiri juga tergolong sangat halus dan lumat ketika sudah matang, sehingga sangat bagus untuk menunjang kebutuhan nutrisi bagi buah hati. Cara untuk mengkonsumsinya juga mudah layaknya pisang yang sudah matang, bisa langsung disuapkan pada buah hati.

Bubur alpukat

Bubur Alpukat
Buah Alpukat / Resep Masakan

Sajian praktis lainnya untuk makan siang yang kaya akan kandungan serat dan juga protein. Alpukat ini juga mencukupi kebutuhan vitamin A dan juga E untuk buah hati, salah satunya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Nasi tim

Nasi Tim
Nasi Tim / Solusisehatku

Lebih praktis lagi adalah dengan membuat nasi tim di rumah, khususnya bagi ibu yang tidak terlalu sering memberikan makanan siap saji seperti bubur instan untuk bayi, nasi tim ini nantinya bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan makanan berprotein lainnya seperti daging ayam halus atau hati.

Bubur kacang merah

Bubur Kacang Merah
Bubur Kacang Merah / Menu Si Kecil

Lebih kaya kandungan protein dan juga vitamin E, bisa jadi varian terbaik untuk menu pendamping bagi si kecil.

MPASI 6 bulan ini memang wajib diberikan untuk melengkapi sumber nutrisi mereka yang sudah bertambah banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here