Kenali 6 Penyakit Pada Anak Balita Yang Tak Boleh Di Sepelekan

0
Penyakit Pada Anak Balita Yang Harus Diperhatikan
Penyakit Pada Anak Balita

Junkalo.com, Melihat tingkah laku balita yang lucu memang menggemaskan dan membuat kita ingin memilikinya juga, namun di balik tingkah lucu balita tersebut sebagai orang tua atau calon orang tua harus memperhatikan kesehatan dan mengenali beberapa penyakit pada anak balita.

Selain menikmati tingkah laku anak yang menggemaskan hal ini tentu juga harus mendapatkan perhatian lebih, karena jika tidak penyakit-penyakit tersebut akan menyerang anak-anak balita tersebut.

Untuk itu mari kita mengenal beberapa penyakit umum yang biasanya menyerang anak balita namun tidak boleh di sepelekan, agar kita sebagai orang tua siap dan dapat mengatasi hal tersebut dengan baik.

Batuk Dan Pilek

Penyakit Pada Anak Balita Batuk dan Pilek
Batuk dan Pilek

Salah satu penyakit umum yang biasanya menyerang balita adalah batuk dan pilek, penyakit ini memang bisa di katakan ringan namun dapat berkembang menjadi penyakit yang harus di tangani dengan serius.

Anak balita akan merasa tidak nyaman baik ketika bermain dan ketika tidur akan mengganggu. Jika batuk tidak berhenti setelah tiga hari segerakan periksakan anak balita tersebut ke dokter karena hal ini harus di tangani khusus, jika pilek tidak reda dalam tiga hari istirahatkan anak dari segala aktivitas dan berikan pakaian dan makanan hangat.

Jika hal tersebut tidak sembuh dalam seminggu coba bawa dan periksakan anak balita tersebut ke dokter.

Infeksi Telinga

Penyakit Pada Anak Balita Infeksi Telinga
Infeksi Telinga

Infeksi telinga dapat di sebabkan oleh penyakit lanjutan dari batuk dan pilek namun ada juga yang di sebabkan oleh hal lain seperti infeksi atau kebersihan telinga.

Jika penyakit batuk dan pilek tidak mereda bukan tidak mungkin hal tersebut akan menyebabkan anak terkena infeksi telinga, karena telinga, hidung dan tenggorokan memiliki saluran yang berhubungan, penyebab lain dari penyakit ini adalah kurang memperhatikan kebersihan telinga pada anak sehingga anak rentan terkena penyakit infeksi telinga.

Sakit Tenggorokan

Penyakit Pada Anak Balita Sakit Tenggorokan
Sakit Tenggorokan

Penyakit lain yang sering menyerang anak balita adalah sakit tenggorokan, hal ini dapat di sebabkan oleh beberapa hal seperti virus, infeksi dan makanan.

Anak yang mengalami sakit tenggorokan biasanya akan rewel dan susah makan sehingga biasanya anak balita yang terkena sakit tenggorokan akan di beri makanan khusus.

Biasanya makanan khusus tersebut memiliki kuah yang bening seperti sayur bayam yang di padukan dengan bubur, tidak lupa Asupan nutrisi dan vitamin pada makanan anak agar kebutuhan gizinya terpenuhi.

Diare

Penyakit Pada Anak Balita Diare
Diare

Anak balita memang memiliki nafsu makan dan rasa penasaran yang besar, oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan makanan yang masuk ke mulut balita.

Makanan yang masuk ke mulut balita harus di perhatikan karena faktor kebersihan dan faktor kandungan makanan yang masuk tersebut, belum lagi rasa penasaran anak balita terhadap sesuatu yang baru dan ingin memasukkan makanan atau sesuatu yang sembarangan ke dalam mulut.

Diare  harus di perhatikan secara khusus karena makanan yang masuk ke mulut balita  akan berdampak buruk bagi pencernaan balita dan tentu saja akan membahayakan. Beberapa penyakit yang akan di timbulkan jika balita terkena Diare adalah keracunan makanan, alergi makanan dan infeksi pencernaan.

Biasanya balita yang terkena diare akan buang air besar secara berlebih dan kekurangan cairan tubuh. Jadi langkah tepat jika ada anak balita yang terkena diare adalah langsung memeriksakannya ke dokter.

Sembelit

Penyakit Pada Anak Balita Sembelit
Sembelit

Penyakit pada anak balita yang selanjutnya bisa di bilang kebalikan dari diare yaitu sembelit, salah satu masalah pencernaan yang satu ini tentunya harus di perhatikan dengan baik.

Jika anak balita terkena sembelit perut pada anak  balita akan sedikit kembung dan keras, hal ini sudah jelas karena makanan yang masuk ke perut tidak di keluarkan dengan benar.

Sebelum membawa anak ke dokter cobalah berikan anak balit tersebut makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar seperti pepaya misalnya, atau orang tua dapat memberikan obat khusus yang di masukan ke anus balita.

Namun jika tidak ingin mengambil risiko berlebih orang tua dapat langsung membawa anak balita tersebut ke dokter agar penanganan yang di berikan lebih menjamin kesehatan anak.

Alergi

Penyakit Pada Anak Balita Alergi
Alergi

Salah satu penyakit yang sering menyerang anak balita adalah alergi, alergi biasanya di sebabkan oleh makanan yang tidak cocok atau susu sapi. Namun sering kali makanan lah yang menjadi penyebab utama anak balita terkena alergi karena, anak balita sudah dapat mengonsumsi berbagai macam makanan.

Jika anak balita terkena alergi sebaiknya langsung di bawa ke dokter karena jika telat akan membahayakan keselamatan anak itu sendiri. Biasanya anak balita akan merasa gatal dan ruam merah di kulit akan terlihat, namun yang membahayakan adalah bengkak di bagian dalam tubuh seperti tenggorokan.

Penyakit pada anak balita yang biasa menyerang anak di bawah lima tahun tersebut, untuk berjaga-jaga orang tua harus mengetahui hal-hal di atas karena jika suatu saat penyakit-penyakit di atas menyerang kita sebagai orang tua siap untuk menghadapinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here