Kesalahan Perawatan Gigi Anak Ini Dapat Membahayakan Kesehatannya

0
Rutin Melakukan Perawatan Gigi Anak
Perawatan Gigi Anak

Junkalo.com, Memberikan pendidikan sejak dini kepada anak memanglah hal yang baik seperti mengajarkan anak untuk merawat giginya sendiri, namun sering kali perawatan gigi anak tersebut menjadi kesalahan orang tua yang dapat membahayakan kesehatan gigi anak tersebut.

Biasanya orang tua kan memberikan contoh kepada anak kemudian membiarkan si anak mengerjakan perawatannya sendiri, hal ini tentu saja baik namun dapat juga menjadi bumerang tersendiri kepada orang tua dan anak.

Kesalahan yang di maksud bukanlah cara untuk mengajari anak dalam merawat giginya namun kesalahan ini mencakup keseluruhan yang berhubungan dengan perawatan gigi tersebut mulai dari penyebab hingga akibat yang di terima oleh orang tua dan anak.

Untuk itu para orang tua harus menghindari hal ini, agar kesehatan gigi anak terancam. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam perawatan gigi anak yang dapat di simak dan di pelajari, agar hal tersebut tidak terjadi kepada anak kita kelak.

Membiarkan Anak Menggosok Gigi Sendiri Tanpa Pengawasan Orang Tua

Biarkan Anak Menggosok Gigi Sendiri
Menggosok Gigi Sendiri

Mengajarkan anak menggosok gigi sendiri dan membiarkannya melakukan hal tersebut setiap hari, mungkin bisa di sebut mengajarkan kemandirian sejak dini pada anak.

Namun hal tersebut sering menjadi kekeliruan karena pengawasan orang tua pada anak itu sangatlah penting, karena anak balita atau anak di bawah usia 8 tahun tidak memiliki  keterampilan pada syaraf motoriknya.

Sehingga kebersihan dan cara menggosok gigi yang benar tidak dapat di pastikan jika kita membiarkan anak melakukan hal tersebut tanpa pengawasan orang tua. Sepintar-pintarnya anak, tetap lah hanya anak-anak biasa yang masih perlu pengawasan dan bimbingan dari orang tua.

Mengajarkan anak menggosok gigi sendiri dan mendampinginya adalah hal yang dapat di lakukan agar perawatan gigi pada anak dapat di pastikan sudah tepat.

Menyepelekan Gigi Berlubang Pada Anak

Jangan Pernah Menyepelekan Gigi Berlubang Pada Anak
Menyepelekan Gigi Berlubang Pada Anak

Kesalahan lain dalam perawatan gigi pada anak adalah menyepelekan gigi anak yang berlubang, karena biasanya orang tua akan membiarkan gigi anak berlubang hingga tumbuhnya gigi baru.

Hal tersebut justru keliru karena bagaimanapun anak berhak mendapatkan perawatan gigi yang baik. Jika anak memiliki gigi berlubang segeralah periksakan ke dokter dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Selain itu gigi berlubang pada anak akan membuat anak tidak nyaman, karena mau bagaimanapun lubang pada gigi anak akan menimbulkan rasa sakit.

Memberikan Anak Makanan Yang Di Nilai Sehat

Selalu Memberikan Anak Makanan Sehat
Memberikan Anak Makanan Sehat

Makanan yang sehat tidak selamanya memiliki nilai yang baik jika tidak di ikuti pemahaman yang baik, hal ini juga berlaku kepada anak-anak yang di berikan makanan yang sudah pasti sehat namun melupakan hal yang sepele yaitu makanan manis.

Makanan sehat dan memiliki rasa manis memang banyak seperti madu, es krim, susu dan biskuit. Namun jika anak mengonsumsi makanan tersebut tanpa memberikannya pengetahuan tentang dampak makanan manis pada gigi, tentu saja hal ini akan membahayakan gigi anak.

Orang tua dapat memberikan pengetahuan pada anak bahwa makanan manis dapat membahayakan gigi jika tidak membersihkan mulut setelahnya. Ajari anak untuk berkumur sesudah memakan makanan manis dan menggosok gigi sebelum tidur.

Membiarkan Anak Tertidur Dengan Makanan Atau Minuman

Anak Tertidur Dengan Membawa Makanan
Tertidur Dengan Membawa Makanan

Membiarkan anak tidur dengan makanan atau minuman di sekitar terutama di mulutnya merupakan kesalahan besar dan fatal, karena hal tersebut dapat memicu bakteri yang bahaya pada gigi.

Biasanya anak-anak yang masih tergantung dengan susu dan dot yang dan kebiasaan tidur dengan  dot berisi susu. Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan gigi anak, oleh karena itu perawatan gigi anak yang tepat perlu di perhatikan dengan baik.

Tidak Memeriksakan gigi Anak Pada Dokter Gigi

Jangan Pernah Tidak Memeriksakan Anak Ke Dokter Gigi
Tidak Memeriksakan Anak Ke Dokter Gigi

Memeriksakan kondisi gigi anak pada ahlinya adalah langkah yang tepat orang tua untuk menjamin kesehatan gigi anak. Namun ada sebagian orang tua yang malas dan tidak melakukan hal tersebut dengan berbagai alasan seperti lupa dan malas.

Oleh karena itu orang tua harus peka pada hal ini, dengan memeriksakan gigi anak secara rutin yaitu 6 bulan sekali sesuai yang di anjurkan dokter gigi.

Manfaat lain dari memeriksakan kesehatan gigi anak pada dokter gigi  adalah untuk mengetahui kondisi dan penyakit  pada gigi anak, jika kita mengetahui hal tersebut lebih awal langkah selanjutnya tinggal mencari solusi dan cara pengobatannya.

Beberapa kesalahan dalam perawatan gigi anak di atas adalah bukti bahwa perhatian dan pengawasan orang tua sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anak terutama pada kesehatan gigi anak.

Jadi mulai dari sekarang para orang tua dapat lebih peka dan lebih memperhatikan kesehatan gigi anak agar gigi anak sehat dan terhindar dari berbagai penyakit gigi yang dapat menjangkit anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here