Mengetahui Penyebab Anak Cengeng Dan Cara Mengatasinya

0
Penyebab Anak Cengeng
Anak Cengeng

Junkalo.com, Tingkah laku anak memang beragam dan sangat memerlukan bimbingan orang tua, sebab ada beberapa anak yang memiliki sifat yang yang harus lebih di perhatikan yaitu anak cengeng.

Anak yang cengeng memanglah hal yang wajar karena di umur tersebut anak-anak masih belum mengerti apa-apa dan tentunya perlu bimbingan kita. Anak sering menangis dan rewel memiliki penyebab tersendiri dan tugas kita sebagai orang tua harus mengatasinya dengan baik dan benar, agar tidak terjadi hal-hal yang malah akan membuat mental anak semakin menurun dan cenderung trauma karena salah mengatasi anak tersebut.

Untuk itu sebagai orang tua kita haru mengetahui penyebab dari anak yang cengeng ini, karena jika mengetahui penyebabnya kita akan dengan mudah mencari cara untuk mengatasinya.

Sebenarnya anak yang memiliki karakter cengeng dapat kita ketahui sejak anak tersebut memiliki usia di bawah dua tahun, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus lebih peka dan perhatian akan hal ini sehingga sifat cengeng pada anak itu dapat di atasi dan tidak terbawa sampa usia dewasa.

Perhatiakan Anak Yang Sering Menangis
Anak Sering Menangis

 Berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering membuat anak menjadi cengeng.

Salah Penanganan Ketika Anak Menangis

Biasanya anak akan menangis jika terjadi sesuatu kepadanya dan menangis adalah bentuk dari ekspresi anak itu sendiri. Jika anak menangis tangani dengan hati-hati dan penuh pendekatan, jangan sampai sekali-kali membentak atau mengancam bahkan sampai memarahinya.

Hal ini karena memori pada anak yang dapat menyimpan segala bentuk tindakan yang di lakukan orang tua, jadi hati-hatilah dalam menangani tangisan anak dan cari tahu penyebab anak menangis jika sudah kamu dapat membujuk anak tersebut dan meredakan tangisannya.

Hindari Menakut-nakuti Anak Dengan Hal Yang Menyeramkan

Biasanya para orang tua akan melarang anaknya akan suatu hal dengan cara menakut-nakutinya, hal ini bertujuan agar anak tersebut jera dan tidak melakukan hal yang di larang oleh orang tua.

Namun hal ini benar-benar keliru karena tindakan tersebut dapat menjadikan anak menjadi penakut dan cengeng, tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan mental anak karena rasa takut dan cengeng berlebih bisa terbawa sampai usia dewasa.

Cara mengatasinya kamu dapat memberikan penjelasan tentang mengapa kamu melarang suatu hal kepada anak, jika anak sudah terlanjur cengeng kamu harus memberikan dukungan dan meyakinkan bahwa anak tersebut berani.

Emosi Anak Yang Tidak Stabil

Anak yang cengeng karena berasal dari emosi yang tidak stabil, namun karena semua anak-anak memiliki emosi yang tidak stabil hal tersebut memang wajar.

Namun dalam kasus seperti ini ada beberapa penyebab yang menjadikan anak cengeng salah satunya adalah turunan dari sang ibu pada saat kehamilan, dimana pada saat mengandung emosi ibu hamil menjadi lebih sensitif dan cengeng sehingga hal tersebut menurun kepada anak yang di kandung tersebut.

Mencari Perhatian

Anak cengeng tidak selalu karena hal yang membuatnya tidak nyaman, karena bisa saja hal tersebut di lakukan anak karena sedang mencari perhatian. Orang tua harus lebih peka dan memperhatikan tingkah laku anak, agar saat anak mencari perhatian dia merasa di perhatikan dan diakui.

Anak Yang Memiliki Perasaan Sensitif Berlebih

Anak yang memiliki perasaan sensitif berlebihan sering menjadi cengeng dan mudah menangis, hal ini sudah jelas karena perasaan tersebut memang sangat rapuh dan tidak stabil.

Cara mengatasinya adalah dengan cara pendekatan yang halus dan penuh kasih sayang, jangan pernah sekali-kali membentak atau memarahi anak yang memiliki perasaan yang sensitif. Ajari sejak dini dan berikan arahan yang baik agar sifat tersebut tidak terbawa sampai dewasa.

Hindari Menjadikan Tangisan Anak Sebagai Senjata

Tangisan anak biasanya terjadi karena anak tersebut melakukan kesalahan, dan orang tua mengurungkan niat untuk menegur. Hal ini justru menjadikan tangisan senjata untuk anak yang sering melakukan kesalahan misalnya, sang anak melakukan tindakan salah kemudian anak tersebut menangis dengan tujuan agar orang tua tidak memarahinya.

Hal tersebut dapat di atasi dengan memberikan anak pengertian bahwa setiap perbuatan haruslah ada tanggung jawab, intinya jangan terlalu lembek dan keras kepada anak kita sebagai orang tua harus ada di tengah- tengahnya.

Anak Yang Terlalu Di Manjakan Orang tua

Memanjakan anak dan memberikan kasih sayang berlebihan dapat membuat anak menjadi manja dan cengeng, hal ini jelas karena anak hanya menerima hal yang enak-enak saja.

Cobalah untuk tidak terlalu memanjakan anak dan ajarkan suatu hal yang dapat mengubah sifat cengengnya tersebut. Biarkan anak berusaha semampunya untuk meraih sesuatu yang di inginkannya agar sifat manja tersebut sedikit-demi sedikit hilang.

Nah itu dia beberapa penyebab anak cengeng dan cara mengatasinya, kita sebagai orang tua harus lebih peka dan sabar dalam menghadapi anak yang cengeng dan manja karena hal tersebut dapat menentukan mental anak ketika dewasa nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here