Perawatan Anak Balita Yang Baik Dan Benar Agar Anak Tetap Sehat

0
Perhatiakan Perawatan Anak Balita
Perawatan Anak Balita

Junkalo.com, Merawat anak memang bukan perkara mudah namun bukan berarti sulit, terutama anak di bawah lima tahun atau sering di singkat Balita. Perawatan anak balita yang baik dan benar dapat menentukan masa depan anak tersebut, terlebih lagi masalah kesehatan yang sering menjadi hal yang sering menjadi pokok permasalahan.

Kesehatan balita di Indonesia sebenarnya belum sempurna, karena masih banyak balita di luar sana yang tidak menerima haknya, belum lagi masalah gizi buruk yang sering menimpa balita.

Bagi para orang tua terlebih lagi pasangan muda yang baru memiliki anak pertamanya pasti akan kewalahan dalam merawat balita tersebut, namun biasanya ada orang tua yang ikut membantu dan mendampingi dalam merawat balita tersebut.

Untuk itu kita akan membahas bagaimana cara perawatan anak balita agar kesehatannya baik dan tidak mudah terkena penyakit, mari kita simak baik-baik di bawah ini.

ASI Eksklusif Sebagai Langkah Awal Kesehatan Bayi

Memberikan Anak ASI Eksklusif
Memberikan ASI Eksklusif

Memberikan ASI terhadap bayi mulai dari 0-6 bulan adalah langkah pertama memberikan anak bekal untuk masa depan kesehatannya, karena manfaat ASI yang di berikan akan terasa hingga bayi tersebut besar.

Manfaat ASI eksklusif antara lain membuat sistem kekebalan bayi menjadi lebih kuat, membuat otak anak cerdas, berat badan bayi akan ideal, tulang bayi akan menjadi lebih kuat, hubungan ibu dan anak lebih kuat dan masih banyak lagi manfaat asi baik untuk bayi maupun untuk ibu.

Oleh karena itu penting sekali memberikan bayi ASI eksklusif sebagai langkah awal merawat bayi agar kesehatannya terjaga.

Perlengkapan Dan Ruangan Anak Selalu Terjaga Dan Steril

Semua Perlengkapan Harus Steril
Perlengkapan Harus Steril

Kebersihan adalah hal terpenting dalam merawat anak karena jika tempat dan perlengkapan anak steril, anak akan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Perhatikanlah kebersihan botol dan perlengkapan bayi lainya seperti baju dan handuk yang rentan menjadi sarang penyakit.

Jika anak masih menyusui menggunakan botol gunakanlah alat steril khusus, kemudian jika sudah menggunakan handuk lebih baik handuk tersebut di jemur agar kering dan tidak lembab.

Kebersihan tempat tidur atau tempat bermain pun harus di jaga dengan baik agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri, jika perlu gunakan penyedot debu setiap hari untuk menghilangkan debu yang dapat berdampak negatif terhadap anak.

Ajari Anak Agar Menyukai Buah-buahan Dan Sayuran

Ajari Selalu Anak Makan Syur dan Buah
Ajari Anak Makan Syur dan Buah

Anak biasanya sangat sulit untuk mengonsumsi buah-buahan terutama sayuran yang memiliki nutrisi dan vitamin lengkap namun rasa yang tidak terlalu di sukai anak. Ajarilah anak sejak dini dan beri pengarahan bahwa buah dan sayur sangai baik untuk kesehatan dan memiliki vitamin yang banyak.

Jika anak tetap sulit mengonsumsi buah dan sayur orang tua dapat lebih sedikit kreatif seperti, membuat kreasi makanan yang menarik bagi anak dengan bahan campuran buah dan sayuran.

Wajib Periksakan Kesehatan Bayi Dan Rutin Imunisasi

Rajin Periksakan Kesehatan Anak Ke Dokter
Periksakan Kesehatan Anak Ke Dokter

Memeriksakan kesehatan bayi sangatlah penting untuk melihat kondisi tumbuh kembang bayi, selain itu pentingnya imunisasi agar bayi memiliki sistem kekebalan tubuh. Bayi yang rutin imunisasi akan mendapatkan imunitas terhadap berbagai penyakit yang ganas, maka dari itu pemerintah sedang gencar-gencarnya dengan program imunisasi ini.

Perawatan anak balita sangat wajib imunisasi karena di setiap daerah sudah di sediakan pos yang di sediakan pemerintah secara gratis dan jika ingin lebih baik dapat imunisasi ke dokter anak terdekat.

Menjauhkan Anak Dari Makanan Dan Jajanan Yang Tidak Sehat

Selalu Menjauhkan Anak Dari Makanan Yang Tidak Sehat
Menjauhkan Anak Dari Makanan Yang Tidak Sehat

Anak yang sudah mengetahui jajanan enak dan menggiurkan pasti akan ketagihan, hal tersebut menjadi hal yang perlu di perhatikan terutama kebersihan dan kesehatan jajanan yang sering anak kita makan.

Kesehatan jajanan yang beredar saat ini tidak menjamin jajanan tersebut sehat dan baik untuk anak kita oleh karena itu lebih baik membuatnya sendiri di rumah.

Orang tua dapat lebih kreatif dan membuat jajanan yang unik untuk anak sehingga anak lebih tertarik dan tidak jajan di luar, belum lagi kemudahan dalam mencari resep dan inspirasi yang tersedia gratis di internet dapat membantu orang tua dalam membuat jajanan untuk anak.

Ajak Anak Untuk Beraktivitas Fisik

Selalu Ajari Anak Beraktivitas Fisik
Ajari Anak Beraktivitas Fisik

Mengajak anak berolahraga dapat membangun fisik anak menjadi sehat sejak dini, anak di ajarkan melakukan aktivitas fisik agar kesehatan tubuhnya terjaga. Ajaklah anak untuk lari pagi dan bersepeda di akhir pekan.

Hindari Anak Dari Asap Rokok

Selalu Hindarkan Anak Dari Asap Rokok
Hindarkan Anak Dari Asap Rokok

Untuk orang tua yang perokok cobalah untuk tidak merokok di depan anak, di ruangan yang di tinggali anak dan di tempat yang dapat mencemari perlengkapan anak. Mungkin hal tersebut terlihat sepele namun dampaknya sangat luar biasa untuk kesehatan anak.

Pastikan Gizi Anak Tercukupi

Selalu Pastikan Giji Anak Cukup
Pastikan Giji Anak Cukup

Memberikan makanan anak dengan 4 sehat 5 sempurna dapat memberikan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak, berikanlah anak makanan yang bergizi seperti telur, daging, ikan, madu, buah-buahan, sayuran dan susu.

Perawatan anak balita agar anak tidak mudah terkena penyakit dan pertumbuhannya terjaga dengan baik. Karena jika anak sehat dan tumbuh dengan baik kita sebagai orang tua akan merasa senang dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here