Stres Karena ASI Tidak Lancar? Cobalah Jamu Untuk Ibu Menyusui

0
Jamu Untuk Ibu Menyusui yang Aman
Jamu Untuk Ibu Menyusui

Junkalo.com, ASI merupakan makanan utama untuk sang bayi saat sudah dilahirkan. Kandungan yang terdapat di dalam ASI memang sangat baik untuk imun dan kesehatan bayi, maka dari itu setiap ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif paling sebentar 6 bulan dan paling lama 2 tahun.

Namun banyak ibu menyusui yang mengeluhkan ASI mereka tidak lancar bahkan tidak keluar. Apalagi saat awal melahirkan sangatlah susah untuk mengeluarkan ASI. Banyak ibu yang kebingungan akhirnya memakai susu formula untuk menggantikan ASI.

Meski begitu saat ASI sudah keluar sebisa mungkin para ibu langsung menggantinya dengan ASI. Banyak dokter menyarankan untuk tidak memakai susu formula karena jika anak terus menyusu kepada ibunya maka akan merangsang produksi ASI.

ASI ini memang akan banyak sesuai dengan kebutuhan si bayi maka dari itu sebisa mungkin sering-seringlah menyusui bayi agar produksi ASI melimpah. Tetapi kamu juga bisa mengonsumsi jamu untuk ibu menyusui agar ASI menjadi lancar.

Jamu dengan bahan daun katuk

Jamu Untuk Ibu Menyusui Daun Katuk
Daun Katuk

Daun katuk memang sudah dipercaya dari dulu untuk memperlancar asi. Tanaman daun katuk ini merupakan tanaman yang tumbuh dengan ketinggian lebih dari 2 meter.

Ternyata manfaat dari daun katuk ini sangatlah berkhasiat daun katuk bisa memperlancar ASI selain di jadikan untuk jamu daun katuk juga bisa di jadikan masakan seperti dibuat sup. Karena ibu menyusui juga dianjurkan untuk memperbanyak makan sup.

Daun katuk mengandung beberapa minyak esensial alami seperti, tanin, saponin, flavonoid, triterprnoid, dan asam amino yang berfungsi untuk memperbanyak produksi ASI.

Karena banyak ibu yang terkadang malas untuk makan rebusan daun katuk ini banyak jamu dan obat pelancar ASI yang di tawarkan dengan bahan utama tetaplah daun katuk memang praktis dan khasiatnya juga sama, namun di sarankan membelinya di apotek agar terhindar dari jamu palsu.

Kedelai Jepang

Jamu UntukIbu Menyusui Kedelai Jepang
Kedelai Jepang

Kedelai jepang atau disebut juga edamame ternyata memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tanaman satu ini bukan tergolong kacang-kacangan.

Sayuran satu ini dapat di manfaatkan untuk para ibu menyusui yang menginginkan ASI menjadi lancar, selain itu edamame juga bisa menjadi pendamping ASI jika si kecil sudah mulai belajar makan.

Kandungan nutrisi yang tinggi memang sangat di anjurkan untuk memakan edamame. Selain bisa di jadikan untuk bahan jamu ternyata juga bisa untuk masakan bisa juga di jadikan camilan sehat.

Pepaya hijau atau daun pepaya

Jamu Untuk Ibu Menyusui Daun Pepaya
Daun Pepaya

Banyak jamu instan yang menggunakan bahan pepaya hijau atau daun pepaya untuk memperlancar ASI.

Daun pepaya memang menjadi sayuran yang di makan oleh masyarakat sehari-hari namun di balik kenikmatannya ternyata daun pepaya dan pepaya hijau ini memiliki khasiat yang luar biasa yaitu dengan memperbanyak dan melancarkan ASI. Selain bisa di makan secara langsung kamu bisa membeli jamu daun pepaya ini.

Beras Kencur

Jamu Untuk Ibu Menyusui Beras Kencur
Beras Kencur

Beras kencur memang jamu yang selalu diminum hampir setiap orang selain menyehatkan rasa dari beras kencur yang menyegarkan, manis dan sedikit pedas, yang membuat setiap orang menyukai jamu satu ini.

Sudah sejak lama beras kencur menjadi jamu untuk beberapa pengobatan seperti untuk sakit maag dan kembung karena memberikan rasa hangat pada perut yang menghilangkan rasa mulas dan tidak nyaman di perut.

Tidak hanya itu, beras kencur juga bisa itu menghilangkan dahak dan juga menyembuhkan flu.

Ternyata bagi ibu yang menyusui beras kencur ini juga sangat di anjurkan karena di percaya dapat memperlancar produksi ASI. Beras kencur dapat mengencangkan otot-otot yang kendur akibat hamil dan juga melahirkan, seperti otot rahim.

Perasan Kencur

Sama seperti beras kencur perasan kencur juga memiliki manfaat yang baik untuk di konsumsi ibu menyusui.

Perasan kencur di percaya dapat melancarkan ASI selain itu ibu yang mengonsumsi perasan kencur baik untuk si bayi, bayi akan merasa hangat dan menjadi tidak rewel.

Perasan kencur juga meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh sehingga ibu bisa terjaga dari berbagai penyakit dan tetap sehat bersama sang bayi.

Kunyit Asam

Jamu Untuk Ibu Menyusui Kunyit Asam
Kunyit Asam

Kunyit merupakan tanaman herbal yang dipakai dalam berbagai resep masakan di Indonesia. Selain itu kunyit juga di manfaatkan sebagai pewarna alami atau pengawet alami.

Tidak hanya sebatas untuk bumbu masakan kunyit juga sering dijadikan sebagai jamu tradisional untuk beberapa penyembuhan. Kunyit memiliki manfaat mendinginkan badan menghentikan pendarahan, mengurangi gas di usus dan mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh.

Kunyit biasanya dijadikan jamu bersama dengan asam jawa. Sudah sejak lama jamu tradisional ini digunakan wanita untuk memperlancar haid selain itu bisa juga untuk memperlancar nifas pada ibu yang baru melahirkan dan juga di percaya memperlancar ASI. Masih banyak khasiat yang terkandung di dalam jamu kunyit asam.

Memang tidaklah mudah memberikan ASI eksklusif kepada bayi terlebih lagi bagi ibu yang bekerja kelelahan dan stress juga merupakan pemicu dari tidak lancarnya ASI. Cobalah jamu untuk ibu menyusui seperti yang sudah di jelaskan di atas untuk memperlancar ASI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here